Minggu, 17 Oktober 2010

MOBILE SUIT GUNDAM 00 - SINOPSIS

Latar belakang Gundam 00 sangat menarik, yang mencerminkan banyak perdebatan dan spekulasi. Sangkalan penting: semua orang, negara, organisasi, events, diserial ini adalah fiksi semata, jikalau ada kesamaan merupakan kebetulan saja.

Berlatar belakang tahun 2307 AD (kalender Gregorian). Dimasa tersebut, bahan bakar fosil semakin habis dan distribusinya tidak seimbang. Manusia mulai bergantung pada sistem pembangkitan tenaga surya yang mengorbit di sekitar bumi, yang disuport oleh 3 orbital elevator yang masing2 dikendalikan oleh 3 "major powers" di bumi.


Union, organisasi yang terdiri atas Amerika serikat, Australasia dan Jepang mengendalikan elevator yang berlokasi di Amerika Utara.





Human Reform League(HRL) yang terdiri atas China, Rusia Siberia,India, negara2 Asia selatan (tak termasuk Iran, Afganistan dan Pakistan), Mongolia, negara2 anggota ASEAN, Papua New Guinea, Peninsula Korea, dan Taiwan mengendalikan elevator yang berlokasi di Samudera Pasifik.



Advanced European Union (AEU)yang terdiri atas Iceland, pulau2 di laut Barents, Greenland, Anatolia, dan keseluruhan negara di benua Eropa mengendalikan elevator yang dibangun di tengah benua Afrika.




Dengan sumber energi tak terbatas. yang hanya dikuasai oleh "major powers" dan sekutunya tersebut menimbulkan peperangan di seluruh muka bumi utk memperebutkan bahan bakar dan energi. Hingga muncul organisasi misterius yang bernama Celestial Being (CB)yang bertujuan untuk menghapus seluruh peperangan, dengan mengintervensi menggunakan mesin perang humanoid (advanced Mobile Suit) yang disebut Gundam dan dikendaikan oleh seorang pilot yang disebut Gundam Meister. Sebetulnya, keberadaan CB juga sangatlah mengganggu keadaan dunia saat itu, dan kisahnya dimulai dari situ.

Lakonnya adalah 4 orang Gundam Meister dari Celestial Being, hampir tidak ada yang mengetahui tentang mereka bahkan nama mereka sebenarnya (di serial ini mereka menggunakan nama kode).


Setsuna F. Seiei
, 16 th, tlh bergabung dengan CB selama 2 tahun, berasal dari suku Kurdish, menghabiskan masa kecilnya sebagai tentara perbatasan. Nama sebenarnya adalah Soran Ibrahim, penyendiri dan jarang menunjukkan emosinya tapi bisa meledak sewaktu-waktu untuk melepaskan emosi tsb. Menjadi Gundam Meister sangatlah penting baginya. Dia menjadi pilot Gundam GN-001 Exia, yang dirancang untuk perkelahian jarak dekat. Suara diisi oleh Mamoru Miyano.







Lockon Stratos, di episod 9 diungkap nama aslinya yaitu, Neil Dylandy, 24 th, berasal dari Irlandia. Dia menjadi ketua tim karena yang paling tua diantara tim dan yang paling "normal" diantara teman2nya yang lebih "tidak normal". Kehilangan keluarga karena serangan teroris, oleh karenanya sangat benci sekali dengan teroris. Seorang sniper handal, yang mengemudikan Gundam GN-002 Dynames, mobile suit khusus untuk serangan jarak jauh (dapat menembak secara sembunyi2 sesukanya). Dia satu2nya yang memiliki co-pilot bernama Haro, sebuah komputer yang berbentuk bola basket. Disuarakan oleh Shinichiro Miki.




Allelujah Haptism,
19 th, berasal dari Rusia, gagal menjalani tes Program Super Soldier HRL. Kelihatannya pria lemah lembut yang tidak suka membunuh kecuali saat menjalani misi. Dia sangat suka filosofi tentang segala hal dan banyak bicara kepada dirinya sendiri. Gundam GN-003 Kyrios adalah mobile suitnya yang dapat berubah menjadi pesawat tempur, dan spesialisasi pada kecepatan. Disuarakan oleh Hiroyuki Yoshino.










Tieria Erde,
tidak ada yang tahu tentang pria ini bahkan umurnya. Adalah seorang pria walaupun dalam penggambarannya tidak terlihat seperti begitu. Dia mengikuti VEDA sebuah komputer kuantum yang dapat menganalisa situasi dunia sekaligus memberikan saran utk rancangan misi ke depan per kata, sangat benci bila ada penyimpangan dari rancangan tersebut. Dia yang paling serius menanggapi tujuan penghapusan perang. Dia mengendarai Gundam GN-005 Virtue, sebuah Gundam "gemuk" yang terkhususkan sebagai perangkap. Dia diisi suara oleh Hiroshi Kamiya.



Pingin tau selanjutnya..? tunggu aja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar